Autotheism Inc.

Translate

Tulisan 06 Bhs. Indoensia 2 - (Infrastruktur KMB yang Tertinggal)

                 Fasilitas dan Infrastruktur pendukung dalam kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu factor yang akan mempengaruhi system kinerja anak atau mahasiswa yang tengah diajarkan oleh seorang guru maupun dosen. Sebagai Universitas yang cukup terkenal dalam bidang komputerisasinya Universitas Gunadarma masih menerapkan sistem kegiatan belajar mengajarnya dengan menggunakan fasilitas Overhead Proyektor (OHP) yang dimana untuk alat ini yang digunakan pada saat kegiatan belajar masih tergolong sangat kurang efisien. Mengapa hal ini dapat dikatakan sangat kurang efisien, yaitu dikarenakan masih terdapat banyak hal yang merugikan untuk kampus maupun untuk mahasiswa. Pada tulisan kali ini akan dibahas untuk sistem KMB ini.

                Kenyamanan dan kemudahan pada saat proses KMB memang sangat diperlukan untuk kegiatan proses itu berlangsung. OHP atau Overhead Proyektor yang digunakan di kampus ini bisa dibilang sudah ketinggalaan jaman lagi. Karena untuk menggunakan alat OHP ini terdapat hal yang merugikan yang akan dirasakan oleh pihak kampus maupun dari peserta ajar atau mahasiswa yang diajarkan oleh seorang dosen.

                Kerugian yang didapatkan dari pihak kampus ialah pada setiap saat pemakaian OHP akan menghabiskan daya listrik yang dikeluarkan yang berarti pemborosan penggunaan listrik pada saat KMB berlangsung. Kemudian kerugian yang akan dirasakan oleh peserta atau mahasiswa ialah pada saat mereka mendapatkan tugas untuk mempersentasikan tugas mereka didepan kelas dengan menggunakan OHP, sebelum menggunakan OHP harus ada bahan ajar yang harus disampaikan untuk di tampilkan dengan menggunakan OHP tersebut. Setiap mahasiswa yang akan mengguanakan OHP tersebut harus dengan membuat print-out hasil kerja mereka kemudian di fotocopy transparan agar bisa digunakan dengan menggunakan OHP, ini akan berakibat memboroskan biaya dalam pembelajaran bagi para mahasiswa karena mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk itu semua.

                Kejadian itu semua tidak akan terjadi lagi bila mana dari pihak kampus mengalihkan dengan menggunakan proyektor digital atau yang bisa disebut dengan In-focus. Denga menggunakan fasilitas in-focus tersebut bisa dapat menggurangi kejadian yang tidak diinginkan yang telah dijelaskan diatas.

                Dengan adanya kenyamaan yang akan didapatkan oleh para mahasiswa maupun pengajar maka proses kegiatan KMB pun akan terjadi dengan lebih baik dan efisien lagi serta mahasiswa akan lebih baik lagi menangkap penerangan yang diberikan pengajar didalam kelas. Walaupun dalam segi biaya In-focus lebih mahal dibandingkan dengan OHP akan tetapi infrastruktur yang digunakan juga harus lebih mendukung agar proses kegiatan KMB lebih baik dan efisien lagi.

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 komentar:

300x250 AD TOP