Ciri-ciri Organisasi
Ciri-Ciri
Organisasi Sosial.
Menurut Berelson dan Steiner (1964:55)
sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1) Formalitas, merupakan ciri organisasi
sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan,
ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
2) Hierarkhi, merupakan ciri organisasi
yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk
piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan
kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada
organisasi tersebut.
3) Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini
pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial
antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal
dengan gejala “birokrasi”.
4) Lamanya (duration), menunjuk pada
diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan
orang-orang dalam organisasi itu.
Ada
juga yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang
behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
1) Rumusan batas-batas
operasionalnya(organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas,
organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan
yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah
organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan
bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
2) Memiliki identitas yang jelas. Organisasi
akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang
jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan
pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain
sebagainya.
3) Keanggotaan formal, status dan peran.
Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan
batasan yang telah disepakati bersama.
Jadi,
dari beberapa ciri organisasi yang telah dikemukakan kita akan mudah membedakan
yang mana dapat dikatakan organisasi dan yang mana tidak dapat dikatakan
sebagai sebuah organisasi.
Ilmu organisasi merupakan ilmu yang
penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di
mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit
seperti organisasi pemerintahan.
- Ciri-Ciri Organisasi Secara
Umum, yaitu :
- Adanya komponen (
atasan dan bawahan) .
- Adanya kerja sama
(cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
- Adanya tujuan .
- Adanya sasaran .
- Adanya
keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati .
- Adanya
pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
- Lembaga social
yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang
ditetapkan.
- Dikembangkan
untuk mencapai tujuan.
- Secara sadar
dikoordinasi dan dengan sengaja disusun.
- Instrumen social
yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.
- Terdapat sebuah
kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal.
- Terdapat kegiatan
yang berbeda- beda, tapi saling berkaitan ( interdependent part) yang
merupakan kesatuan kegiatan.
- Terdapat
kewenangan, koordinasi dan pengawasan.
- Masing- masing
orang memberikan kontribusi berupa pemikiran, tenaga, dsb.
B.
Ciri-ciri Organisasi Modern, diantaranya
:
- Organisasi
bertambah besar.
- Pengolahan data
semakin cepat.
- Penggunaan staf
lebih intensif.
- Kecendrungan
spesialisasi.
- Adanya
prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi.
- Unsur-unsur
organisasi lebih lengkap.
Menyangkut hal itu pengertian organisasi
juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok,
yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system
kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk
kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian
kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi
yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Blogger Comment